Kamis, 21 Mei 2009

SEJARAH KOMPUTER DAN PERKEMBANGANNYA

Sejarah KomputerKomputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar.1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
ALAT HITUNG TRADISIONAL dan KALKULATOR MEKANIK
Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator).Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan. Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan.Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, dan dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.Pada tahun 1822 Babbage, menemukan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Babbage terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine.Alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, desain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut. Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan.
KOMPUTER GENERASI PERTAMA
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendaliPihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, colossus bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari tabung vakum dan resistor.Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I. Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dn silinder magnetik untuk penyimpanan data.
KOMPUTER GENERASI KEDU
APada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC.Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis.Dengan konsep ini, komputer dapa tmencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
KOMPUTER GENERASI KETIGA
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponenkomponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
KOMPUTER GENERASI KEEMPAT
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan.Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor. Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
Evolusi Komputer
Selengkapnya tugas ini yang berupa rumus dan keterangan adalah file, bisa didownload dibawah ini
SEJARAH INTERNET
Pengertian InternetInternet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitumenghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia,dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statishingga yang dinamis dan interaktif.2. Sejarah internetBerikut sejarah kemunculan dan perkembangan internet.Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S.Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untukmengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputersehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan namaARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satusama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakansetahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsungmenjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambangpenting yang menunjukkan "at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARPANETmulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di Londonmerupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringanArpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan BobKahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakalpemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasilmengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahunkemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuksebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin,menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 FranceTelecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimanaorang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, makadibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kitakenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenaldengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda,Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroupUSENET.Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau DomainName System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringanmelonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkanIRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang salingberhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang palingbersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisamenjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentukjaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampauisejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertamakalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Ditahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator1.0.3. Manfaat internetSecara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyaiakses ke internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet: 1. Informasiuntuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani,sosial. 2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan,saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forumkomunikasi.Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara,ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambatpertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangatdemokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaatinternet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpamengenal batas jarak dan waktu.Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunyapara profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian darimasyarakat informasi dunia.B. Web Site atau Situs1.Pengertian Web Site atau SitusSitus dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untukmenampilkan informasi, gambar gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya itubaik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunanyang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link.2. Unsur-Unsur Web Site atau SitusUntuk membangun situs diperlukan beberapa unsur yang harus ada agar situs dapatberjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan. Unsur-unsur yang harus ada dalamsitus antara lain:a. Domain Name Domain name atau biasa disebut nama domain adalah alamatpermanen situs di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situsatau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukansitus kita pada dunia internet. Istilah yang umum digunakan adalah URL. Contoh sebuahURL adalah http://www.octa_haris.tripod.com--dapat juga tanpa www--Ada banyak macam nama domain yang dapat kita pilih sesuai dengan keinginan.Berikut beberapa nama domain yang sering digunakan dan tersedia di internet:1. Generic Domains(gTLDs)Merupakan domain name yang berakhirandengan .Com .Net .Org .Edu .Mil atau .Gov. Jenis domain ini sering juga disebut toplevel domain dan domain ini tidak berafiliasi berdasarkan negara, sehingga siapapundapat mendaftar.Ø.com : merupakan top level domain yang ditujukan untuk kebutuhan "commercial".Ø.edu : merupakan domain yang ditujukan untuk kebutuhan dunia pendidikan(education)Ø.gov : merupakan domain untuk pemerintahan (government)Ø.mil : merupakan domain untuk kebutuhan angkatan bersenjata (military)Ø.org : domain untuk organisasi atau lembaga non profit (Organization).2. Country-Specific Domains (ccTLDs)Yaitu domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi, dan sering juga disebut secondlevel domain, seperti .id(Indonesia), .au(Australia), .jp(Jepang) dan lain lain. Domain inidioperasikan dan di daftarkan dimasing negara. Di Indonesia, domain-domain iniberakhiran, .co.id, .ac.id, .go.id, .mil.id, .or.id, dan pada akhir-akhir ini ditambah denganwar.net.id, .mil.id, dan web.id. Penggunaan dari masing-masing akhiran tersebutberbeda tergantung pengguna dan pengunaannya, antara lain:Ø.co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sahØ.ac.id : Untuk Lembaga PendidikanØ.go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik IndonesiaØ.mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik IndonesiaØ.or.id : Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori"ac.id","co.id","go.id","mil.id" dan lainØ.war.net.id : untuk industri warung internet di IndonesiaØ.sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikanseperti SD, SMP dan atau SMUØ.web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yangmelakukan kegiatannya di Worl Wide Web.Nama domain dari tiap-tiap situs di seluruh dunia tidak ada yang sama sehingga tidakada satupun situs yang akan dijumpai tertukar nama atau tertukar halaman situsnya.Untuk memperoleh nama dilakukan penyewaan domain, biasanya dalam jangkatertentu(tahunan).b. HostingHosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempatmenyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkandi situs. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya hosting yangdisewa/dipunyai, semakin besar hosting semakin besar pula data yang dapatdimasukkan dan ditampilkan dalam situs.Hosting juga diperoleh dengan menyewa. Besarnya hosting ditentukan ruanganharddisk dengan ukuran MB(Mega Byte) atau GB(Giga Byte).Lama penyewaan hostingrata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaanpenyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negri.c. Scripts/Bahasa ProgramAdalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yangpada saat diakses. Jenis scripts sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnyasebuah situs. Semakin banyak ragam scripts yang digunakan maka akan terlihat situssemakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. Bagusnya situs dapat terlihatdengan tanggapan pengunjung serta frekwensi kunjungan.Beragam scripts saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas situs. Jenis jenis scriptsyang banyak dipakai para designer antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts,Java applets dsb. Bahasa dasar yang dipakai setiap situs adalah HTML sedangkan ASPdan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis,dan interaktifnya situs.Scripts ASP, PHP, JSP atau lainnya bisa dibuat sendiri, bisa juga dibeli dari para penjualscripts yang biasanya berada di luar negri. Harga Scripts rata-rata sangat mahal karenasulitnya membuat, biasanya mencapai puluhan juta. Scripts ini biasanya digunakanuntuk membangun portal berita, artikel, forum diskusi, buku tamu, anggota organisasi,email, mailing list dan lain sebagainya yang memerlukan update setiap saat. KhususJilbab Online menggunakan bahasa ASP(Active Server Pages).d. Design WebSetelah melakukan penyewaan domain dan hosting serta penguasaan scripts, unsursitus yang paling penting dan utama adalah design. Design web sangat menentukankualitas dan keindahan situs. Design sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjungakan bagus tidaknya sebuah web site.Untuk membuat situs biasanya dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa webdesigner. Saat ini sangat banyak jasa web designer, terutama di kota-kota besar. Perludiketahui bahwa kualitas situs sangat ditentukan oleh kualitas designer. Semakinbanyak penguasaan web designer tentang beragam program/software pendukungpembuatan situs maka akan dihasilkan situs yang semakin berkualitas, demikian pulasebaliknya. Jasa web designer ini yang umumnya memerlukan biaya yang tertinggi dariseluruh biaya pembangunan situs dan semuanya itu tergantu ng kualitas designer.e. PublikasiKeberadaan situs tidak ada gunanya dibangun tanpa dikunjungi atau dikenal olehmasyarakat atau pengunjung internet. Karena efektif tidaknya situs sangat tergantungdari besarnya pengunjung dan komentar yang masuk. Untuk mengenalkan situs kepadamasyarakat memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi.Publikasi situs di masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti denganpamlet-pamlet, selebaran, baliho dan lain sebagainya tapi cara ini bisa dikatakan masihkurang efektif dan sangat terbatas. cara yang biasanya dilakukan dan paling efektifdengan tak terbatas ruang atau waktu adalah publikasi langsung di internet melaluisearch engine-search engine(mesin pencari, spt : Yahoo, Google, Search Indonesia,dsb)Cara publikasi di search engine ada yang gratis dan ada pula yang membayar. Yanggratis biasanya terbatas dan cukup lama untuk bisa masuk dan dikenali di search engineterkenal seperti Yahoo atau Google. Cara efektif publikasi adalah dengan membayar,walaupun harus sedikit mengeluarkan akan tetapi situs cepat masuk ke search enginedan dikenal oleh pengunjung.3. Pemeliharaan Web Site atau SitusUntuk mendukung kelanjutan dari situs diperlukan pemeliharaan setiap waktu sesuaiyang diinginkan seperti penambahan informasi, berita, artikel, link, gambar atau lainsebagainya. Tanpa pemeliharaan yang baik situs akan terkesan membosankan ataumonoton juga akan segera ditinggal pengunjung.Pemeliharaan situs dapat dilakukan per periode tertentu seperti tiap hari, tiap mingguatau tiap bulan sekali secara rutin atau secara periodik saja tergantung kebutuhan(tidakrutin). Pemeliharaan rutin biasanya dipakai oleh situs-situs berita, penyedia artikel,organisasi atau lembaga pemerintah. Sedangkan pemeliharaan periodik bisanya untuksitus-situs pribadi, penjualan/e-commerce, dan lain sebagainya.
.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.

0 komentar:

Posting Komentar

Voltar Inicio
 

Topo